baca selengkapnya di : http://www.poetra-anoegrah.co.cc/2010/04/cara-mengubah-judul-blog-dengan-judul.html#ixzz1Ie8isVZF

Klik Kanan

Senin, 18 Oktober 2010

Sejarah Peradaban Islam


1.      Khulafa’ Al Rasyidun adalah para khalifah/pengganti Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal ilmu, ibadah dan dakwah pada umatnya, dan sebagai pemuka mereka ialah Empat orang Khalifah yaitu Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman dan ‘Ali radhiyallahu’anhum. (www.google. Biografi dan Sejarah, Uncategorized)

2.      Hanya 4 khalifah saja yang mendapat sebutan Khulafa’ Al Rasyidun karena tidak semua orang bisa menjadi khalifah karena mempunyai tanggung jawab yang besar yaitu berkewajiban untuk mengurusi dan mengatur berbagai urusan kaum muslimin dan hanya mereka yang dipilih oleh kaum muslimin. (www.google. Biografi dan Sejarah, Uncategorized)


3.      Yang menjadi standard dalam khalifah adalah seseorang yang memiiki kelebihan dalam hal ilmu, ibadah dan dakwah pada umatnya, dan sebagai pemuka para kaum muslim. (www.google. Biografi dan Sejarah, Uncategorized)

4.      Urutan Khulafa’ Al Rasyidun seperti  itu karena yang paling utama dan  orang pertama yang beriman kepada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kalangan lelaki dewasa adalah Abu Bakar Ash Shiddiq, kemudian ‘Umar Al Faruq, kemudian ‘Utsman Dzu Nurain, kemudian ‘Ali Al Murtadha, semoga Allah meridhai mereka semuanya… (www.google. Biografi dan Sejarah, Uncategorized)


5.      Pengangkatan para khalifah adalah sebagai berikut :
  1. Abu Bakar
Selama masa sakit Rasulullah SAW saat menjelang ajalnya, dikatakan bahwa Abu Bakar ditunjuk untuk menjadi imam shalat menggantikannya, banyak yang menganggap ini sebagai indikasi bahwa Abu Bakar akan menggantikan posisinya. Segera setelah kematiannya (632), dilakukan musyawarah di kalangan para pemuka kaum Anshar dan Muhajirin di Madinah, yang akhirnya menghasilkan penunjukan Abu Bakar sebagai pemimpin baru umat Islam atau khalifah Islam. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
  1. Umar
Umar merupakan salah satu penasehat Abu Bakar. Kemudian setelah meninggalnya Abu Bakar pada tahun 634, Umar ditunjuk menggantikannya. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
  1. Utsman
Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah atas dasar musyawarah dan keputusan sidang Panitia enam, yang anggotanya dipilih oleh khalifah Umar bin khatab sebelum beliau wafat. Keenam anggota panitia itu ialah Ali bin Abi Thalib, Utsman bin Affan, Abdurahman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqas, Zubair bin Awwam dan Thalhah bin Ubaidillah. Pada saat diangkat, ia telah berusia 70 tahun. Peristiwa ini terjadi pada bulan Muharram tahun 24 H. Pengumuman dilakukan setelah selesai Shalat dimasjid Madinah. (www.google_Biografi Utsman Bin Affan)
  1. Ali
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyerahkan kepadanya bendera jihad pada saat perang Khaibar yang dengan perantara perjuangannyalah Allah memenangkan umat Islam dalam pertempuran. Beliau dibai’at sebagai khalifah setelah khalifah ‘Utsman terbunuh. Beliau menjadi khalifah secara syar’i hingga wafat dalam keadaan mati syahid pada bulan Ramadhan tahun 40 hijriyah dalam usia 63 tahun. (www.google. Biografi dan Sejarah, Uncategorized)

6.      Permasalahan yang dialami masing - masing khalifah adalah sbb :
1.      Abu Bakar
a.   Gerakan Nabi palsu
Keberhasilan misi perjuangan Nabi Muhammad SAW, menimbulkan kecemburuan segolongan masyarakat. Tidak lama setelah Nabi SAW wafat, muncullah beberapa orang yang mengaku sebagai nabi. Mereka memimpin gerakan kelompok pembangkang. Para nabi palsu tersebut adalah sbb :
Ø  Aswad al-Ansi
Ø  Musailmah
Ø  Thulailah Ibnu Khuailid
Ø  Saj’ah
b.      Gerakan kaum murtad
Sejak tersebar berita meninggalnya Rasulullah SAW, ekelompok orang di Madinah menyatakan diri keluar dari Islam sambil melancarkan gerakan pemberontakan. Gerakan ini dalam sejarah Islam dikenaldengan gerakan riddah.
(Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah kelas 1)
2.      Umar
Menyebarluaskan wilayah kekuasaan sehingga banya pertentangan di lain pihak
3.      Utsman
Seorang Gubernur Kufah, yang bernama Mughirah bin Syu’bah dipecat oleh Khalifah Utsman dan diganti oleh Sa’ad bin Abi Waqqas, atas dasar wasiat khalifah Umar bin Khatab. Kemudian beliau memecat pula sebagian pejabat tinggi dan pembesar yang kurang baik, untuk mempermudah pengaturan, lowongan kursi para pejabat dan pembesar itu diisi dan diganti dengan famili-famili beliau yang kredibel (mempunyai kemampuan) dalam bidang tersebut. Tindakan beliau yang terkesan nepotisme ini, mengundang protes dari orang-orang yang dipecat, maka datanglah gerombolan yang dipimpim oleh Abdulah bin Saba’ yang menuntut agar pejabat-pejabat dan para pembesar yang diangkat oleh Khalifah Utsman ini dipecat pula. Usulan-usulan Abdullah bin Saba’ ini ditolak oleh khalifah Utsman. Pada masa kekhalifan Utsman bin Affan-lah aliran Syiah lahir dan Abdullah Bin Saba’ disebut sebagai pencetus aliran Syi’ah tersebut. (www.google_Biografi Utsman Bin Affan)
4.      Ali
Masa pemerintahannya mewarisi kekacauan yang terjadi saat masa pemerintah Khalifah sebelumnya, Utsman bin Affan. Untuk pertama kalinya perang saudara antara umat Muslim terjadi saat masa pemerintahannya, Perang Jamal. 20.000 pasukan pimpinan Ali melawan 30.000 pasukan pimpinan Zubair bin Awwam, Talhah bin Ubaidillah, dan Ummul mu'minin Aisyah binti Abu Bakar, janda Rasulullah. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

7.      a.   Peristiwa Saqifah
Kekhalifahan Abu Bakar diperoleh melalui jalan pencalonan dan pemilihannya di Saqifah Bani Sa’idah. Orang-orang Anshar dan Muhajirin telah berkumpul di Saqifah Bani Sa’idah. Mereka meninggalkan jenezah Rasulullah saw yang sedang dimandikan oleh keluarganya, mereka mebicarakan pengganti Nabi dan akhirnya menunjuk Abu Bakar sebagai Khalifah. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
b.      Peristiwa Tahkim
Ali menerima arbitrase sebagai jalan untuk menyelesaiakan persengketaan tentang Khilafah dengan Muawiyah Ibnu abi Sufyan. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

8.      Dari 4 khalifah yang mempunyai kontribusi besar adalah Utsman bin Affan karena Masa kekhalifannya merupakan masa yang paling makmur dan sejahtera. Konon ceritanya sampai rakyatnya haji berkali-kali. Bahkan seorang budak dijual sesuai berdasarkan berat timbangannya. Beliau adalah khalifah kali pertama yang melakukan perluasan masjid al-Haram (Mekkah) dan masjid Nabawi (Madinah) karena semakin ramai umat Islam yang menjalankan rukun Islam kelima (haji). Beliau mencetuskan ide polisi keamanan bagi rakyatnya, membuat bangunan khusus untuk mahkamah dan mengadili perkara. Hal ini belum pernah dilakukan oleh khalifah sebelumnya. Abu Bakar dan Umar bin Khotob biasanya mengadili suatu perkara di masjid. (www.google_Biografi Utsman Bin Affan)

9.      Menurut saya tentang khalifah Utsman bin Affan sangat berpengaruh dalam memperjuangkan Islam, karena Beliau adalah khalifah kali pertama yang melakukan perluasan masjid al-Haram (Mekkah) dan masjid Nabawi (Madinah) karena semakin ramai umat Islam yang menjalankan rukun Islam kelima (haji). Beliau mencetuskan ide polisi keamanan bagi rakyatnya, membuat bangunan khusus untuk mahkamah dan mengadili perkara. (www.google_Biografi Utsman Bin Affan)
10. Daulah Ummayah berdiri pada masa kekhalifahan Islam pertama setelah masa Khulafaur Rasyidin yang memerintah dari 661 sampai 750 di Jazirah Arab dan sekitarnya; serta dari 756 sampai 1031 di Kordoba, Spanyol. Nama dinasti ini diambil dari nama tokoh Umayyah bin 'Abd asy-Syams, kakek buyut dari khalifah pertama Bani Umayyah, yaitu Muawiyah I. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (11)
11. Pendiri Daulah Umayah adalah Umayyah bin Abdul Manaf. (Wikipedia                                                                     bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (12)
12. Monarchi hereditas yaitu pengangkatan khalifah berdasarkan keturunan, sesama suku,   sesama golngan. (Sejarah Peradaban Islam, Istianah Abu Bakar, M. Ag) (14)

13. Daulah Umayyah menganut  Monarchi hereditas yaitu dalam pengangkatan khalifah berdasakan kerabat seperti dari Muawiyah ke putranya yaitu Yazid, dari Yazid ke Muawiyah II putranya, dari Muawiyah II ke Marwan I sepupu Muawiyah, dari Marwan I ke Abdul Malik putranya, dari Abdul Malik ke al-Walid I putranya. (Sejarah Peradaban Islam, Istianah Abu Bakar, M. Ag) (15)

14. Dari 14 khalifah yang paling berjasa dalam perkembangan Isalam adalah Muawiyyah, abdul Malik, Al-Walid, Umar bin Abdul aziz, hisyam. Wikipedia                                                                     bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (17)

15. Kemunduran Banu Umayyah pada masa khalifah . Marwan II bin Muhammad al-Himar 127-132 M atau 744-750 H. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (19)

16. Spanyol diduduki umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid Rahimahullah (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus, dimana Ummat Islam sebelumnya telah mengusasi Afrika Utara. Dalam proses penaklukan Spanyol ini terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paling berjasa yaitu Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair Rahimahullahum ajma’in. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (46)

17. Faktor Kemunduran Bani Umayyah :
1.  Sistem pergantian khalifah melalui garis keturunan adalah sesuatu yang baru (bid’ah) bagi tradisi Islam yang lebih menekankan aspek senioritas. Pengaturannya tidak jelas. Ketidak jelasan sistem pergantian khalifah ini menyebabkan terjadinya persaingan yang tidak sehat di kalangan anggota keluarga istana.
2.  Latar belakang terbentuknya dinasti Bani Umayyah tidak bisa dipisahkan dari konflik-konflik politik yang terjadi di masa Ali. Sisa-sisa Syi'ah (para pengikut Abdullah bin Saba’ al-Yahudi) dan Khawarij terus menjadi gerakan oposisi, baik secara terbuka seperti di masa awal dan akhir maupun secara tersembunyi seperti di masa pertengahan kekuasaan Bani Umayyah. Penumpasan terhadap gerakan-gerakan ini banyak menyedot kekuatan pemerintah.
3.  Pada masa kekuasaan Bani Umayyah, pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam, makin meruncing. Perselisihan ini mengakibatkan para penguasa Bani Umayyah mendapat kesulitan untuk menggalang persatuan dan kesatuan. Disamping itu, sebagian besar golongan mawali (non Arab), terutama di Irak dan wilayah bagian timur lainnya, merasa tidak puas karena status mawali itu menggambarkan suatu inferioritas, ditambah dengan keangkuhan bangsa Arab yang diperlihatkan pada masa Bani Umayyah.
4.  Lemahnya pemerintahan daulat Bani Umayyah juga disebabkan oleh sikap hidup mewah di lingkungan istana sehingga anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasaan. Disamping itu, para Ulama banyak yang kecewa karena perhatian penguasa terhadap perkembangan agama sangat kurang.
5.  Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan dinasti Bani Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abbas ibn Abd al-Muthalib. Gerakan ini mendapat dukungan penuh dari Bani Hasyim dan dan kaum mawali yang merasa dikelas duakan oleh pemerintahan Bani Umayyah. Wallahul Musta,’an. 
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (20)

18. Sebelum penaklukan Spanyol, umat Islam telah menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu propinsi dari dinasti Bani Umayah, Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara itu terjadi di zaman Khalifah Abdul Malik Ibn Marwan Rahimahullah (685-705 M). Khalifah Abd al-Malik Rahimahullah mengangkat Hasan ibn Nu'man al-Ghassani Rahimahullah menjadi gubernur di daerah itu. Pada masa Khalifah al-Walid, Hasan ibn Nu'man Rahimahullah sudah digantikan oleh Musa ibn Nushair Rahimahullah. Di zaman al-Walid itu, Musa ibn Nushair Rahimahullah memperluas wilayah kekuasaannya dengan menduduki Aljazair dan Maroko. Afrika Utara menjadi batu loncatan bagi kaum muslimin dalam penaklukan wilayah Spanyol karena kawasan ini terdapat kantung-kantung yang menjadi basis kekuasaan kerajaan Romawi, yaitu kerajaan Gothik. Kerajaan ini sering menghasut penduduk agar membuat kerusuhan dan menentang kekuasaan Islam. Setelah kawasan ini betul-betul dapat dikuasai, umat Islam mulai memusatkan perhatiannya untuk menaklukkan Spanyol. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (47)

19. Abdurrahaman Ad Dakhil (Yang Masuk ke Spanyol) karena berhasil lolos dari kejaran Bani Abbas ketika yang terakhir ini berhasil menaklukkan Bani Umayyah di Damaskus. Selanjutnya, ia berhasil mendirikan dinasti Bani Umayyah di Spanyol. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (48)

20. Jabatan Amir digunakan pada periode kedua pemerintahan di Spanyol pada tahun 138 H/755 M khalifah Abdurrahman ad-dakhil. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (49)

21. Disebut Amir karena tidak patuh terhadap pemerintahan pusat Abbasiyah. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (50)

22. Dan berganti Khalifah karena terjadi kekosongan jabatan setelah al-Muktadir dibunuh pengawalnya sendiri. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (51)

23. Maksud berganti menjadi Khalifah karena keadaan ini menunjukkan bahwa suasana pemerintahan Abbasiyah sedang berada dalam kemelut. sehingga bahwa saat itu merupakan saat yang paling tepat untuk memakai gelar khalifah yang telah hilang dari kekuasaan Bani Umayyah selama 150 tahun lebih. Karena itulah, gelar ini dipakai mulai tahun 929 M. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (52)

24. Kemegahan Pembangunan Fisik
a.          Cordova : Masjid Cordova, jembatan besar diatas sungai dll.
b.      Granada : Istana al-Hambra yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (54)

25. Jembatan besar dibangun di atas sungai yang mengalir di tengah kota. Taman-taman dibangun untuk menghiasi ibu kota Spanyol Islam itu. Pohon-pohon dan bunga-bunga diimpor dari Timur. Di seputar ibu kota berdiri istana-istana yang megah yang semakin mempercantik pemandangan, setiap istana dan taman diberi nama tersendiri dan di puncaknya terpancang istana Damsyik. Diantara kebanggaan kota Cordova lainnya adalah masjid Cordova. Menurut ibn al-Dala'i, terdapat 491 masjid di sana. Disamping itu, ciri khusus kota-kota Islam adalah adanya tempat-tempat pemandian. Di Cordova saja terdapat sekitar 900 pemandian. Di sekitarnya berdiri perkampungan-perkampungan yang indah. Karena air sungai tak dapat diminum, penguasa muslim mendirikan saluran air dari pegunungan yang panjangnya 80 Km.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (55)

26. Kontribusi Bani Ummayah Spanyol Bagi Islam :
·      Kemajuan Intelektual
a.       Filsafat : Abu Bakr Muhammad ibn al-Sayigh yang lebih dikenal dengan Ibn Bajjah, Ibnu rusydi, Abu Bakr ibn Thufail dll
b.      Sains : kedokteran, musik, matematika, astronomi, kimia dll.
c.       Fiqh : Ahli-ahli Fiqh adalah Abu Bakr ibn al-Quthiyah, Munzir Ibn Sa'id al-Baluthi dan Ibn Hazm yang terkenal, dll
d.      Musik dan Kesenian : Dalam bidang musik dan suara, Spanyol Islam mencapai kecemerlangan dengan tokohnya al-Hasan Ibn Nafi' yang dijuluki Zaryab.
e.       Bahasa dan Sastra : Bahasa Arab telah menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol
Kontribusi Bani Umayyah Spanyol bagi Eropa :
·      Renaisans di Eropa
Ketika itu, orang-orang Eropa Kristen banyak belajar di perguruan tinggi-perguruan tinggi Islam di sana. Islam menjadi "guru" bagi orang Eropa.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (53)

27. Kini bukti kemajuan peradaban Islam tempo dulu di Spanyol masih dengan jelas terliahat dari sisa-sisa bangunan yang penuh sejarah dari Toledo hingga Granada, dari Istana Cordova hingga Alhambra. Menurut sebagain ahli sejarah, 2/3 gereja-gereja masyhur (cathedral) yang ada di berbagai kota di Andalusia adalah bekas mesjid. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (56)

28. Faktor Kemunduran Bani umayyah Spanyol :
     1. Konflik Islam dengan Kristen
     2. Tidak Adanya Ideologi Pemersatu
     3. Kesulitan Ekonomi
     4. Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
`    5. Keterpencilan
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (57)

29. 1.   Periode Pertama (711-755 M).
Pada periode ini Spanyol berada di bawah pemerintahan para wali yang diangkat oleh Khalifah Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Pada periode ini stabilitas politik negeri Spanyol belum tercapai secara sempurna, gangguan-gangguan masih terjadi, baik datang dari dalam maupun dari luar. Gangguan dari dalam antara lain berupa perselisihan di antara elite penguasa, terutama akibat perbedaan etnis dan golongan. Disamping itu, terdapat perbedaan pandangan antara khalifah di Damaskus dan gubernur Afrika Utara yang berpusat di Kairwan. Masing-masing mengaku bahwa merekalah yang paling berhak menguasai daerah Spanyol ini.
2.    Periode Kedua (755-912 M)
Pada periode ini. Spanyol berada di bawah pemerintahan seorang yang bergelar amir (panglima atau gubernur) tetapi tidak tunduk kepada pusat pemerintahan Islam, yang ketika itu dipegang oleh khalifah Abbasiyah di Baghdad. Amir pertama adalah Abdurrahman I yang memasuki Spanyol tahun 138 H/755 M dan diberi gelar Al-Dakhil (Yang Masuk ke Spanyol). Dia adalah keturunan Bani Umayyah yang berhasil lolos dari kejaran Bani Abbas ketika yang terakhir ini berhasil menaklukkan Bani Umayyah di Damaskus. Selanjutnya, ia berhasil mendirikan dinasti Bani Umayyah di Spanyol. Penguasa-penguasa Spanyol pada periode ini adalah Abdurrahman al-Dakhil, Hisyam I, Hakam I, Abdurrahman al-Ausath, Muhammad ibn Abdurrahman, Munzir ibn Muhammad, dan Abdullah ibn Muhammad.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (59)

30. Wali : Pada periode pertama  Spanyol berada di bawah pemerintahan para wali (gubernur)  yang diangkat oleh Khalifah Bani Umayah yang berpusat di Damaskus.
       Khalifah : Dan berganti Khalifah karena terjadi kekosongan jabatan setelah al-Muktadir dibunuh pengawalnya sendiri  Maksud berganti menjadi Khalifah karena keadaan ini menunjukkan bahwa suasana pemerintahan Abbasiyah sedang berada dalam kemelut. sehingga bahwa saat itu merupakan saat yang paling tepat untuk memakai gelar khalifah yang telah hilang dari kekuasaan Bani Umayyah selama 150 tahun lebih. Karena itulah, gelar ini dipakai mulai tahun 929 M.
       Amir :  Jabatan Amir digunakan pada periode kedua pemerintahan di Spanyol pada tahun 138 H/755 M khalifah Abdurrahman ad-dakhil. Disebut Amir karena tidak patuh terhadap pemerintahan pusat Abbasiyah.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (60)

31. Wali : Periode pertama
                  Kepemimpinan pada masa ini sering berganti dalam waktu singkat akibat adanya konflik etnis dan golongan yang merambat ke politik, sehingga kepemimpinannya tidak maksimal.
      Amir : periode kedua
        Kepemimpinan masa ini maju karena pengaturannya berdasarkan Amir tidak tunduk pada pemerintahanpusat.
 Khalifah : Periode ketiga
               Pemerintahan ini menuai padamasa keemasan, karena pemerintahan ini relatif stabil.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (61)

32. Muluk al-Thawaij atau"raja- raja kelompok" karena Dewan Menteri yang memerintah Cordova menghapuskan jabatan khalifah. Ketika itu, Spanyol sudah terpecah dalam banyak sekali negara kecil yang berpusat di kota-kota tertentu. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (62)

33. Daulah Murabithun (860-1143 M) dan Daulah Muwahhidun (1146-1235 M). Menurut tahun berkuasanya makayang lebih dlu adalah daulah murabithun.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (63)
                                                                                                
34. Dinasti Murabithun pada mulanya adalah sebuah gerakan politik yang didirikan oleh Yusuf ibn Tasyfin di Afrika Utara. serangan-serangan orang-orang Kristen. Ia dan tentaranya memasuki Spanyol pada tahun 1086 M dan berhasil mengalahkan pasukan Castilia.
      Dinasti Muwahhidun : Karena perpecahan di kalangan raja-raja muslim, Yusuf melangkah lebih jauh untuk menguasai Spanyol dan ia berhasil untuk itu. Akan tetapi, penguasa-penguasa sesudah ibn Tasyfin adalah raja-raja yang lemah. Pada tahun 1143 M, kekuasaan dinasti ini berakhir, baik di Afrika Utara maupun di Spanyol dan digantikan oleh Dinasti Muwahhidun.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (64)

35. Dinasti Murabithun : Pada tahun 1062 M ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang berpusat di Marakisy. Ia masuk ke Spanyol atas "undangan" penguasa-penguasa Islam di sana yang tengah memikul beban berat perjuangan mempertahankan negeri-negerinya dari.
      Dinasti Muwahhidun : Pada tahun 1146 M penguasa dinasti Muwahhidun yang berpusat di Afrika Utara merebut daerah ini. Muwahhidun didirikan oleh Muhammad ibn Tumart (w. 1128). Dinasti ini datang ke Spanyol di bawah pimpinan Abdul Mun'im. Antara tahun 1114 dan 1154 M, kota-kota muslim penting, Cordova, Almeria, dan Granada, jatuh ke bawah kekuasaannya.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (65)

36. Fatimiyyah menolak Bani Abbasiyah karena menganggap yang berhak menjadi Khalifah adalah keturunan Nabi Muhammad  SAW.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (66)

37. Ideologi fatimiyyah adalah Syiah
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (67)

38. Abdullāh al-Mahdī Billa pendirinya, yang melegitimasi klaimnya melalui keturunan dari Nabi Muhammad dari jalur Fāthimah az-Zahra dan suaminya ˤAlī ibn-Abī-Tālib, {Imām Shīˤa pertama. Oleh karena itu negeri ini bernama al-Fātimiyyūn "Fatimiyah".
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (68)

39. Pemimpin yangmenonjol pada masa Fatimmiyyah adalah  ˤAbdullāh al-Mahdī Billa, Abū Tamīm Ma'add al-Mu'izz li-Dīn Allāh (953-975) Mesir ditaklukkan semasa pemerintahannya, al-Musta'lī bi-llāh (1094-1101) pertikaian atas suksesinya menimbulkan perpecahan Nizari, al-Āmir bi-Akām Allāh (1101-1130) Penguasa Fatimiyah di Mesir setelah tak diakui sebagai Imam oleh tokoh Ismailiyah Mustaali Taiyabi.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (69)

40. Kontribusi Fatimiyyah adalah Di masa Fatimiyah, Mesir berkembang menjadi pusat perdagangan luas di Laut Tengah dan Samudera Hindia, yang menentukan jalannya ekonomi Mesir selama Abad Pertengahan Akhir yang saat itu dialami Eropa, menaklukkan dinasti Ikhshidiyah dan mendirikan ibukota baru di al-Qāhirat "Sang Penunduk" (Kairo modern)- rujukan pada munculnya planet Mars. Mereka terus menaklukkan wilayah sekitarnya hingga mereka berkuasa dari Tunisia ke Suriah dan malahan menyeberang ke Sisilia dan Italia selatan. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (70)

41. faktor kemunduran fatimiyyah
      1.   Perang salib
      2.   Seranagan Turki
      3. Ziriyah (gubernur Afrika Utara di masa Fatimiyah) mendeklarasikan              kemerdekaannya dari            Fatimiyah dan berpindahnya mereka ke Islām Sunnī, (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (71)

42. Kontribusi islam di Spanyol adalah penyebaran agama Islam di Spanyol, berkembangnya ilmu pengetahuan, luasnya daerah kekuasan Islam.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (72)

43. Disebabkan oleh berbagai konflik internal dan perebutan kekuasaan di antara penguasa-penguasa Muslim, maka Raja Ferninand and isterinya Ratu Isabella berhasil menaklukkan kekuasaan Islam dengan konsekwensi yang sangat suram dalam perjalanan sejarah umat. Pemaksaan konversi ke agama Katolik atau eksekusi msssal dan pengusiran paksa. Bahkan semua bekas-bekas peninggalan Islam dibakar atau dikonversi menjadi pusat-pusat agama Katolik. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (73)

44. Perang Salib adalah kumpulan gelombang dari pertikaian agama bersenjata yang dimulai oleh kaum Kristiani pada periode 1095 – 1291; biasanya direstui oleh Paus atas nama Agama Kristen, dengan tujuan untuk menguasai kembali Yerusalem dan “Tanah Suci” dari kekuasaan Muslim dan awalnya diluncurkan sebagai respon atas permohonan dari Kekaisaran Byzantium yang beragama Kristen Ortodox Timur untuk melawan ekspansi dari Dinasti Seljuk yang beragama Islam ke Anatolia. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (74)

45. Perang Salib pada hakikatnya bukan perang agama, melainkan perang merebut kekuasaan daerah. Hal ini dibuktikan bahwa tentara Salib dan tentara Muslim saling bertukar ilmu pengetahuan. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (75)

46. Estafet kepemimpinan islam berlanjut pada  3 kerajaan besar yang  mempunyai kontribusi besar baik duni islam maupun dunia barat.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (78)

47. 3 kerajaan islam yaitu kerajaan usmani, safawi, moghul.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (79)

48. # Kerajaan Usmani berkuasa 625 tahun (1299-1924 M) Ibu Kotanya Istanbul Turki
      # Kerajaan safawi bekuasa 2 Abad (1252-1334 M) Ibu Kotanya
      # Kerajaan Moghul berkuasa 332 tahun (1526-1858 M) Ibu kotanya
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (80)

49. Ekspansi yang dilakukan Bani Umayyah
     
Daerah Timur :
Khurasn,Oxus, Afganistan, Kabul, Bizantium, Konstantinopel, Balkh, Bukhara, Khawarizm, Ferghana dan Samarkand. Tentaranya bahkan sampai ke India dan dapat menguasai Balukhistan, Sind dan daerah Punjab sampai ke Maltan.

Daerah Barat :
Afrika Utara menuju wilayah barat daya, benua Eropa, yaitu pada tahun 711 M. Setelah Aljazair dan Maroko dapat ditundukan, Ibu kota Spanyol, Kordova, dengan cepatnya dapat dikuasai. Menyusul setelah itu kota-kota lain seperti Seville, Elvira dan Toledo yang dijadikan ibu kota Spanyol yang baru setelah jatuhnya Kordova. . Disamping daerah-daerah tersebut di atas, pulau-pulau yang terdapat di Laut Tengah (mediterania) juga jatuh ke tangan Islam pada zaman Bani Umayyah ini.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (16)

50. faktor Kemunduran Bani Umayyah :
     1. Sistem pergantian khalifah melalui garis keturunan adalah sesuatu yang baru (bid’ah) bagi tradisi Islam yang lebih menekankan aspek senioritas. Pengaturannya tidak jelas. Ketidak jelasan sistem pergantian khalifah ini menyebabkan terjadinya persaingan yang tidak sehat di kalangan anggota keluarga istana.

2.  Latar belakang terbentuknya dinasti Bani Umayyah tidak bisa dipisahkan dari konflik-konflik politik yang terjadi di masa Ali. Sisa-sisa Syi'ah (para pengikut Abdullah bin Saba’ al-Yahudi) dan Khawarij terus menjadi gerakan oposisi, baik secara terbuka seperti di masa awal dan akhir maupun secara tersembunyi seperti di masa pertengahan kekuasaan Bani Umayyah. Penumpasan terhadap gerakan-gerakan ini banyak menyedot kekuatan pemerintah.

3. Pada masa kekuasaan Bani Umayyah, pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam, makin meruncing. Perselisihan ini mengakibatkan para penguasa Bani Umayyah mendapat kesulitan untuk menggalang persatuan dan kesatuan. Disamping itu, sebagian besar golongan mawali (non Arab), terutama di Irak dan wilayah bagian timur lainnya, merasa tidak puas karena status mawali itu menggambarkan suatu inferioritas, ditambah dengan keangkuhan bangsa Arab yang diperlihatkan pada masa Bani Umayyah.

4. Lemahnya pemerintahan daulat Bani Umayyah juga disebabkan oleh sikap hidup mewah di lingkungan istana sehingga anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasaan. Disamping itu, para Ulama banyak yang kecewa karena perhatian penguasa terhadap perkembangan agama sangat kurang.

5. Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan dinasti Bani Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abbas ibn Abd al-Muthalib. Gerakan ini mendapat dukungan penuh dari Bani Hasyim dan dan kaum mawali yang merasa dikelas duakan oleh pemerintahan Bani Umayyah. Wallahul Musta,’an. 
(Sejarah Peradaban Islam, Istianah Abu Bakar, M. Ag) (20)

51. Islam datang ke Indonesia karena indonesia merupakan tempat yang strategis untuk yang menghubungkan jalur perdagangan antara India dan Cina.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (100)

52. Kepercyaan bangsa Indonesia adalah Hindu dan Budha, karena tercemin pada bukti yang telah ada yaitu candi – candi sebagai tempat singgah dan ibadah.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (103)

53. Bukti kedatangan Islam di Indonesia :
1. Makam para wali di tanah Jawa
2. Bangunan masid sebagai tempat ibadah
3. Semakin menyebarnya umat Islam sampai sekarang
(109)

54. Daerah Sumatera di datangi Islam pertama kali karena dekat dengan selat Malaka sebagai tempat singgahnya kapal – kapal para pedagang dari Timur Tengah. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (110)

54. Penetration pacifique maksudnya, bahwa Islam masuk den menyebar di Indonesia dengan cara damai tanpa melakukan peperangan.
(Sosiologi SMA Kelas XI) (107)

55. Cara Islamisasi di Indonsia :
1. Pedagangan
2. Perkawinan
3. Politik
4. Pendidikan
5. Kesenian
6. Tasawuf
(SKI MA Kelas XII) (111)
56. Menurut saya, saluran Islamisasi yang paling dominan adalah perdagangan, karena dalam perdagangan menyangkut semua pihak, sehingga penyebaran Islam bisa lebih meluas. (112)

57. Malikus saleh adalah pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Islam Samudera Pasai. (www.google_Biografi Malikus Shaleh) (113)

58. Kerajaan Islam pertama kali adalah Samudera Pasai di Aceh. (114)

59. Kerajaan Islam berdasarkan daerah :
1. Kerajaan Samudera Pasai (Aceh)
2. Kerajaan Demak (Jateng)
3. Kerajaan Banten (Jabar)
4. Kerajaan Kutai (Kalimantan)
5. Kerajaan Banjar (kalimantan)
(115)

60. Masa kejayaan Islam pada saat kerajaaan Sriwijaya mulai runtuh dan dapat dimanfaatkan oleh para pedagang muslim.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (116)

61. Penyebar Islam di Daerah :
1. Jawa : Walisongo
2. Kalimantan : Kerajaan Banjar yang dipimpin Pangeran Samudera
3. Maluku : Kerajaan Ternate Tidore
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (117)

62. Walisongo adalah para wali yang masih keturunan Rasulullah yang datang ke tanah Jawa yang bertujuan menyebarkan Islam dan berjumlah sembilan.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (118)

63. Metode Islami walisongo yaitu bagaimana caranya para wali menyebarkan agama Islam yang sesuai dengan keadaannya.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (118)

64. Yang pertama kali bangsa barat datang ke Indonesia adalah Portugis.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (119)

65. Bangsa barat tertarik dengan Indonesia karena Indonesia letaknya sangat strategis untuk jalur perdagangan dan kaya akan sumber daya alam.
(Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (120)

66. Bangsa Barat pertama kali datang di Indonesia di Daerah Makassar, karena di Makassar adalah tempat yang banyak terdapat rempah – rempah. (121)

67. Respon bangsa Indonesia dengan kedatangan bangsa barat menerimanya,       karena pada awalnya mereka bertujuan untuk mencari rempah – rempah. (122)

68. Masyarakat Indonesia mengadakan perlawanan karena bangsa barat semakin lama semakin licik, mereka ingin menguasai Indonesia yang kaya akan SDA nya. (123)

69. Belanda mendirikan VOC karena Belanda ingin memonopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (127)

70. Pengaruh bangsa barat yang berkoalisi di daerah timur dan Islam di daerah barat adalah bahwa mereka datang di Indonesia dari jalur yang berbeda dab tujuannya juga berbeda. (128)

71. Perang Paderi merupakan peperangan yang terjadi di Minangkabau antara sejak tahun 1821 hingga 1837. Kaum Paderi dipimpin Tuanku Imam Bonjol melawan penjajah Hindia Belanda. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (130)

72. Perang padri tejadi karena perpecahan antara kaum Paderi pimpinan Datuk Bandaro dan Kaum Adat pimpinan Datuk Sati. Pihak Belanda kemudian membantu kaum adat menindas kaum Padri. Datuk Bandaro kemudian diganti Tuanku Imam Bonjol. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) (131)

73. Perlawanan bangsa Indonesia berubah menjadi organisasi karena organisasi merupakan suatu kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki tujuan bersama untuk melawan penjajah. (132)

74. Disebut organisasi karena didalamnya terdiri atas struktur organisasi yang mempunyai tujuan yang sama untuk kepentingan bersama. (133)

75. Organisasi yang berdiri di Indonesia adalah Budi Utomo. Dan dalam bidang politik (134)

76. Organisasi Islam yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah NU. (www.google_IslamdiIndonesia) (135)

77. Yang melatarbelakangi berdirinya NU adalah banyaknya para tokoh ualam’ yang ingin pendirikan pesantren di bawah naungan organisasi, dan dibentuklah NU. (136)

78. Muhammadiyah memfokuskan pada bidang sosial karena mereka iangin membentuk organisasi yang lebih modern dengan memiliki ribuan sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan tinggi serta ratusan rumah sakit di seluruh Indonesia. (www.google_IslamdiIndonesia) (137)

79. Devide et impera, politik memecah belah yang membuat Belanda mampu bercokol di Indonesia selama 350 tahun, adalah hasil keputusasaan mereka berperang melawan kita, yang menghasilkan penelurusan tentang jati diri. (www.edo.web.id) (138)
80. Bukti Belanda menggunakan cara itu adalah mereka dapat menguasai Indonesia selama 350 tahun, dan dampaknya rakyat Indonesia menadi sengasara. (139)
81. Dampak positif dari penjajahan oleh Belanda adalah bahwa kita telah bisa menemukan jati diri bangsa yang kuat. (141)
82. Respon bangsa Indonesia dengan datangnya Jepang adalah mereka telah bersiap – siap untuk mengahadapi Jepang yang akan melncarkan perang dunia 2 ke wilayah Hindia. (143)
83. Pada masa penjajahan Jepang terjadi perlawanan, salah satu buktinya adalah Tugu Pahlawan yang menjadi tempat tumpah darah arek – arek surabaya untuk melawan penjajah. (144)
84. Jepang berusaha membangun suatu imperium di Asia dengan mengobarkan perang di kawasam Pasifik. Sehingga para bangsa Indonsia tidak terima dan terjadi perlawanan. (Unit Khusus Museum Bank Indonesia: Sejarah Pra Bank Indonesia) (145)

85. Dampak yang paling buruk adalah penjajahan oleh Belanda,karena rakyat Indonesia sengasara selama 350 tahun. (147)

86. Peran umat Islam dalam penjajahan Jepang dan Belanda adalah sebagai pejuang dari dua jalan yaitu dari dunia dan akhirat yang berprinsip lillahi ta’ala. (148)

87. Peran umat Islam pada awal kemerdekaan yaitu menyusun dasar – dasar dan azas – azas negara, salah satunya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. (149)

88. Slogan hidup atau mati selalu ada bagi umat Islam, karena hidup mati mereka hanya kepada Tuhan YME. (150)

89. Kondisi perekonomian Indonesia sebelum kedatangan Islam berkembang sangat pesat, karena merupakan jalur perdagangan antar India dan Cina. (101)

90. Kondisi politik Indonesia sebelum Islam juga sangat bagus, karena semuanya dilatar belakangi oleh kondisi ekonomi yang bagus. (102)

91. Pola down – top, bahwa Islam masuk di negara Arab melalui para bawahan dan menyebar ke lapisan yang kebih atas, sedangkan top – down bahwa Islam masuk ke indonesia dari kalangan atas dan menjalur ke lapisan bawah. (108)
92. Respon masyarakat Indonesia terhadap kedatangan Islam disambut dengan baik, karena tujuan awal umat Islam adalah untuk berdagang. (106)

93. Islam datang di Indonesia melalui selat malaka, pada saat itu kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran, sehingga dimanfaatkan oleh para pedagang muslim dan berkembang sampai sekarang. (104)

94. Menurut saya, kedatangan bangsa barat ke indonesia yang berpacu pada gold, glory, dan gopel, yaitu ingin menguasai perekonomian Indonesia dengan cara kristenisasi atau dengan cara mempengaruhi. (126)

95. Perlawanan bangsa Indonesia terhadap gold dan gopel yaitu dengan cara berpegang teguh pada hukum perekonomian negara dan mempertahankan syari’at Islam yang telah ada. (129)

96. Menurut saya, khalifah Bani ummayah tidak mempunyai kontribusi karana kehidupan merak sangat berlebihan sehingga timbul fanatisme yang berlebihan. (18)

97. Tokoh yang berperan dalam berdirinya Abbasiyah :
Abbas bin Abdullah, Abdullah bin Abbas, Ali bin Abdullah, Muhammad bi Ali, dsb. (Sejarah Pedaban Islam, oleh : Istianah Abu Bakar, M.Ag) (22)

98. Abu Abbas berperan sebagai penguasa kota kuffah, sedangkan Abu Ja’far berperan dalam membantu Abu Abbas untuk menguasai Kufa. (Sejarah Pedaban Islam, oleh : Istianah Abu Bakar, M.Ag) (23)

99. Abu Ja’far dijuluki As Safah karena berhasil menguasaia kota Kufah dan dan dijadikannya kahlifah yang ke 1. (Sejarah Pedaban Islam, oleh : Istianah Abu Bakar, M.Ag) (23)

100. Kesuksesan Abbasiyah meraih kursi kekhalifahan dikarenakan kepiawaian mereka dalam melihat situasi dan kondisi yang ada. Abbasiyah berhasil mengumpulkan pendukung dari berbagai kalangan yang mayoritas merasa ”tersakiti” oleh kebijakan Umayyah. (Sejarah Pedaban Islam, oleh : Istianah Abu Bakar, M.Ag) (25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar